Tips Shortcut Fungsi F1 s/d F12

Diposting oleh Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 23:10, 12-Jul-13 • Di: Computers Tips , Semuannya

Kembali lagi bersama kami Congkel.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Komputer  yaitu Tips Shortcut Fungsi F.

Betapa seringnya kita menjumpai tombol F1,F2, F3, sampai F12 pada keyboard, namun mungkin kita masih belum mengetahui fungsi masing-masing tombol tersebut. Tombol tersebut dikenal dengan tombol fungsi, tombol ini sendiri memiliki kegunaan dan biasanya penggunaan tombol ini bisa dipengaruhi oleh sistem operasi yang sedang digunakan, aplikasi yang terinstall pada sistem operasi tersebut, maupun jenis-jenis platform laptop maupun notebook. Tombol ini juga dapat dikombinasikan dengan tombol Alt maupun Control (Ctrl).
Berikut ini adalah Tips Shortcut Fungsi F dari tombol F1 sampai F12 pada keyboard :

TOMBOL F1

Biasanya tombol ini lebih difungsikan untuk menampilkan layar bantuan (help) dari hampir semua jenis aplikasi computer, untuk mengakses beberapa jenis BIOS.
Sedangkan pada Microsoft Office kombinasi tombol Windows Key + F1 akan menampilkan Microsoft Windows help and support center. Selain itu, kombinasi Ctrl + F1 akan menampilkan Task Pane pada Microsoft Office. Mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi mouse komputer.

 

TOMBOL F2

Pada Windows biasa digunakan untuk mengubah/rename ikon ataupun file. Kombinasi tombol Alt + Ctrl + F2 digunakan untuk membuka sebuah file dokumen pada Microsoft Word dan juga kombinasi Ctrl + F2 akan menampilkan Print Preview pada Microsoft Word. TOMBOL F2 biasanya digunakan juga untuk mengakses CMOS Setup.

 

TOMBOL F3

Pada MS–DOS berguna untuk mengulangi perintah terakhir, kombinasi tombol Shift + F3 akan mengubah teks dalam Microsoft Word dari huruf kecil menjadi huruf besar atau mengaktifkan maupun menonaktifkan fungsi Wi-Fi

 

TOMBOL F4

Untuk mengulangi perintah terakhir pada komputer (Undo), kombinasi tombol Alt + F4 akan menutup program yang sedang aktif pada Microsoft Windows secara bersamaan, kombinasi Ctrl + F4 akan menutup jendela yang sedang terbuka dalam jendela yang sedang aktif dalam Microsoft Windows serta mengaktifkan maupun menonaktifkan volume.

 

TOMBOL F5

Biasa digunakan untuk refresh sistem operasi atau me-reload halaman pada web browser, untuk menjalankan perintah menu find, replace, dan go to window pada Microsoft Word.
Fungsi lainnya, memulai slideshow pada PowerPoint serta menurunkan pengaturan pencahayaan pada komputer.

 

TOMBOL F6

Untuk memindahkan cursor mouse ke Address bar pada Internet Explorer dan Mozilla Firefox, Ctrl + Shift + F6 digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Word yang lain serta Menaikan pengaturan pencahayaan pada komputer.

 

TOMBOL F7

Biasa digunakan untuk menjalankan fitur pemeriksaan spell check dan grammar pada sebuah dokumen Microsoft Word, Shift + F7 digunakan untuk menjalankan fitur Thesaurus pada Word serta mengaktifkan layar monitor kedalam perangkat komputer seperti proyektor.

 

TOMBOL F8

Tombol F8 ini digunakan untuk menampilkan Windows startup menu yaitu untuk mengakses Windows Safe Mode serta menonaktifkan layar monitor kedalam perangkat komputer seperti proyektor.

 

TOMBOL F9

Untuk membuka toolbar Measurements pada Quark 5.0 dan menampilkan informasi sistem operasi.

 

TOMBOL F10

Digunakan untuk mengakses recovery partisi pada perangkat komputer merk HP dan Sony, untuk Masuk ke menu CMOS Setup serta untuk membuka/mengecek email masuk.

 

TOMBOL F11

Untuk membuat layar menjadi full-screen pada semua web browser Internet, Ctrl + F11 biasa digunakan untuk mengakses recovery partisi pada Komputer merk Dell. Berfungsi lainnya juga untuk mengakses recovery partisi pada peraangkat komputer merk eMachines, Gateway, dan Lenovo.

 

TOMBOL F12

Berfungsi untuk melakukan Save as dokumen pada Microsoft Word, kombinasi tombol Shift + F12 berguna untuk menyimpan file dokumen pada Microsoft Word, kombinasi tombol Ctrl + Shift + F12 untuk mencetak dokumen pada Microsoft Word serta untuk menjalankan Firebug.

 sumber:Congkel

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Firaun & Misteri Piramida Giza

Gambar-gambar Dramatis Segitiga Bermuda

Mengerikan, Lampu Menyala 24 jam dengan Energi Darah | Pemilik Ajian Pancasona, Makamnya Digantung

Kehidupan Ditemukan Dalam Ekosistem Terluas di Bumi, Jauh di Kedalaman Kerak Samudera

Software Anti Malware Computer / Antivirus Computer

Satu Kalimat Sederhana Namun Kedahsyatannya Sanggup Menjebol Tembok Ya'juj wa Ma'juj

Fenomena Khusus Alam Gaib

Kebutuhan Data Melonjak, Mentari Tawarkan Kuota 6GB/Bulan

Jin Tembesu

Khasiat & Manfaat Dahsyat dari Ayat Kursi | Kisah Nyata di Amerika, Bukti Keutamaan Ayat Kursi

Kemampuan Tidak umum yg dimiliki oleh anak Indigo

Misteri Sebelas Peti Pusaka

Ini Sebab Suhu Planet Venus Panas Seperti 'Neraka'

Pengalaman Aneh Bertemu Tokoh-Tokoh Masa Lalu

Scema Tarif Kartu Im3 Nelpon Rp 24/menit Sepanjang Hari

Planet Berpenghuni Di Temukan

Cara Mengetahui Posisi Asal Nomor HP

Ada Kehidupan dan Dunia Lain Di Dalam Bumi (HOLLOW EARTH)

7 Fakta Zaman Purba Jauh Lebih Canggih Dari yang Kita Bayangkan

WANITA YANG KUKIRA ISTERIKU TERNYATA JIN PENUNGGU TELAGA WARNA : kisah nyata

Bagian 129 : Trik, Game Pilihan , Theme Keren ,Artikel Pilihan Apps ,Mp3

Bagian 122 A: Trik Trik Internet Gratis , Game Pilihan , Theme Keren ,Artikel Pilihan Update

Kematian Tragis seorang Pemabuk di Malam Idul Fitri

Gara-Gara Terjerat Hutang Anak Sendiri Ditumbalkan

Bagian125 : Game Pilihan , Theme Keren,Triks,Apps,Artikel Pilihan ,Berita hangat

Cerita Misteri Kesepakatan Dukun Dengan Setan

Kuburan Alien Berumur Ratusan Tahun Ditemukan

Hampir menjadi tumbal pesugihan

Pesawat NASA Temukan Danau di Mars

bu-Rhodiah di gauli jin fasik..

Mau Tinggal di Planet Mars? Ini Syaratnya

Perbandingan Darat & Laut ” Versi Al Qur’an “

banyak dunia  dan dunia paralel

dipaksa kawin dengan putri penunggu goa

tragedi pemuja ilmu-ronggo pecuk

didatangi arwah korban kecelakaan

kisah nyata stasiun hantu

 Jantung Seorang Mukmin Kumandangkan Adzan

Tulang Ekor atau Tulang Sulbi, Saksi Kehidupan Manusia

mimpi sukarno pindahkan ibukota Indonesia ke Palangkaraya

Kode Rahasia HP Nokia ,hp Cina ,Sony Ericcson lebih Lengkap & Lebih Detail (boleh dipasang di navigasimu)



Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

25 tanggapan untuk "Tips Shortcut Fungsi F1 s/d F12"

Danny Olex pada 23:21, 12-Jul-13

begitu ya om, wah ane anak tkj tp blom tau

kangerbete pada 23:24, 12-Jul-13

Hadir gan cm bs nyimak . Gk pernah utak atik Pc

Exodius pada 23:38, 12-Jul-13

mantab gan, kombinasi di windows bnyk bnget biggrin

Andie Zyodiablo pada 00:34, 13-Jul-13

mkc min infonya... jd tau, gk gapteck lah biggrin

dj evan pada 01:14, 13-Jul-13

pernah di ajari dulu waktu skolah smp, berhubung smpe skrg blum keturutan punya kompi ya lupa lagi biggrin
Tp jd inget waktu smp lg mass

Terima kasih udah share.
Met tarawehan

4mrana pada 03:20, 13-Jul-13

yang F2 sering sya pake mas.,.. yg lainnya jarang2..

thx infonya mas... smile

4mrana pada 03:28, 13-Jul-13

yang F2 sering sya pake mas.,.. yg lainnya jarang2..

thx infonya mas... smile

4mrana pada 03:30, 13-Jul-13

yang F2 sering sya pake mas.,.. yg lainnya jarang2..

thx infonya mas... smile

Juvit Revant pada 04:51, 13-Jul-13

walaupun blm punya, yg penting tahu ilmunya. Thx ilmunya mastah. .

Juvit Revant pada 04:52, 13-Jul-13

walaupun blm punya, yg penting tahu ilmunya. Thx ilmunya mastah. .

KELIK AJJA PERSONAL BLOG pada 04:58, 13-Jul-13

wah mksih bnyk, bsa nmbah pngtahuan kLik tntang pc.

kLik jg mngucpkan sLmat mnunaikan ibdah Puasa bg yg mnjLankan.

Bagi yg bLum pham tntang pnuLisan margin dan padding dLm CSS MWB mampir aja di bLog kLikbiggrin

Mohammad Haetami pada 06:45, 13-Jul-13

langsung disave sajalah buat nanti butuh

Rafly BWM pada 07:11, 13-Jul-13

laptopku lg rusak mas

Muhammad Shofa Yusuf AlHusain pada 10:32, 13-Jul-13

Alhamdulillah dapat ilmu lagi..
Makasih udh share

takachy mercy pada 11:28, 13-Jul-13

wah ane gk pnya laptop/komputer gan :p

Dede Putra Aquarius pada 11:54, 13-Jul-13

Postingannya selalu bermanfaat... Mf baru bisa lagi nengok kemari smile
Sukses aja bwt agan smile biggrin

Edy Prasetyo pada 13:08, 13-Jul-13

Fungsi shortcut disimak smile

Hamdan pada 16:12, 13-Jul-13

Eh baru tau ane mas kegunaan nya .. biasanya ane cuek aja coz g tau gunanya cheesy-grin

arif12 pada 18:56, 13-Jul-13

Mantap sob infonya. Bermanfaat pula terutama seperti saya newbi.ijin nyimak N save Page y.jgn lupa kunbalnya

http://arif12.heck.in/tombo-ati-syukur-pengundang-nikmat.xhtml

N44R4 pada 19:47, 13-Jul-13

F5 sering aq gunakan cheesy-grin penyegaran wkwkwkwk

N44R4 pada 19:47, 13-Jul-13

F5 sering aq gunakan cheesy-grin penyegaran wkwkwkwk

Bloglinglung KUMPULAN KATA2 LUCU pada 23:02, 13-Jul-13

Kunjungan sore juragan ..
.
Folback yah

Bloglinglung KUMPULAN KATA2 LUCU pada 23:03, 13-Jul-13

Kunjungan sore juragan ..
.
Folback yah

Info Unik dan Menarik pada 03:10, 14-Jul-13

Yang sering ane pake cuman F5 saja, buat refresh.
Sedangkan yang lain belum saya coba.

eko symbian pada 11:13, 14-Jul-13

nyimak dulu shob. Mantap tipsnya

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar