Berbagai macam manfaat dan khasiat puasa mutih

Di posting oleh Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 10:18 AM, 01-Aug-13 • Di: Artikel Bebas , Cermin , Doa Harian , Ilmu Ghaib , Mistic Mistery , Semuannya


Berbagai macam manfaat dan khasiat

 Puasa Mutih

puasa mutih 40 hari puasa orang jawa

puasa mutih 40 hari puasa orang jawa

Manfaat puasa mutih – Bagaimanakah Hukum Puasa Mutih dalam Islam dan Hukum Puasa Mutih menurut Islam?

Cara puasa mutih adalah berpuasa atau berpantang makan dan minum apa saja kecuali nasi putih dan air putih. Biasanya puasa ini dikenal di lingkungan penganut kejawen dan praktisi supranatural dengan tujuan/kepentingan tertentu seperti mendapatkan Ilmu Gaib, keberhasilan hajat dan lain-lain.

Dari segi spiritual metafisik, Manfaat puasa mutih mempunyai efek yang sangat baik dan besar terhadap tubuh dan fikiran. Puasa dengan cara supranatural mengubah sistem molekul tubuh fisik dan eterik dan menaikkan vibrasi/getarannya sehingga membuat tubuh lebih sensitif terhadap energi/kekuatan supranatural sekaligus mencoba membangkitkan kemampuan indera keenam seseorang.

Apapun nama dan pelaksanaan puasa, bila puasa dilakukan dengan niat yang tulus, maka tak mungkin akan membuat manusia yang melakoninya celaka. Bahkan medis mampu membuktikan betapa puasa memberikan efek yang baik bagi tubuh, terutama untuk mengistirahatkan organ-organ pencernaan.

Macam-macam puasa tradisi jawa atau puasa orang  jawa

Puasa Mutih
Seseorang tidak dibolehkan memakan apa-apa kecuali nasi putih dan air putih saja. Ketika dikonsumsi, nasi putihnya pun tidak boleh ditambah bahan apapun termasuk gula dan garam. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelumnya dan membaca mantra tertentu.

Puasa Ngeruh
Seseorang hanya boleh memakan sayuran/buah-buahan saja. Tidak diperbolehkan makan daging, ikan, telur, dan sebagainya.

Puasa Ngebleng
adalah menghentikan segala aktifitas normal sehari-hari. Seseorang yang melakoni puasa Ngebleng tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah/kamar, atau melakukan aktifitas seksual. Waktu tidur-pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa Ngebleng tidak boleh keluar dari kamarnya selama sehari semalam (24 jam). Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampu atau cahaya-pun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahaya sedikitpun. Dalam melakoni puasa ini diperbolehkan keluar kamar hanya untuk buang air saja.

Puasa Pati geni
Hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya).

Puasa Ngelowong
Seseorang yang melakoni puasa Ngelowong dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja (dalam 24 jam). Diperbolehkan keluar rumah.

Puasa Ngrowot
yang dilakukan dari subuh sampai maghrib. Saat sahur seseorang yang melakukan puasa Ngrowot ini hanya boleh makan buah-buahan itu saja. Diperbolehkan untuk memakan buah lebih dari satu tetapi hanya boleh satu jenis yang sama, misalnya pisang 3 buah saja. Dalam puasa ini diperbolehkan untuk tidur.

Puasa Nganyep
Puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir sama dengan Mutih, perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.

Puasa Ngidang
Hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. Selain daripada itu tidak diperbolehkan.

Puasa Ngepel
Puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satu kepal nasi saja. Terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi sehari.

Puasa Ngasrep
Hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kali saja sehari.

Puasa Senin-kamis
Puasa ini dilakukan hanya pada hari senin dan kamis saja seperti namanya. Puasa ini identik dengan agama islam. Karena memang Rasulullah SAW menganjurkannya.

Puasa Wungon
Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.

Puasa Tapa Jejeg
Tidak duduk selama 12 jam

Puasa Lelono
Melakukan perjalanan (jalan kaki) dari jam 12 malam sampai jam 3 subuh (waktu ini dipergunakan sebagai waktu instropeksi diri).

Puasa Kungkum
Kungkum merupakan tapa yang sangat unik. Banyak para pelaku spiritual merasakan sensasi yang dahsyat dalam melakukan tapa ini. Ada beberapa tatacara tapa kungkum yang harus dipatuhi dan biasanya dilakukan semala 7 malam.

Puasa Ngalong
Tapa ini juga begitu unik karena dilakuakn dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas (sungsang). Pada tahap tertentu tapa ini dilakukan dengan kaki yang menggantung di dahan pohon dan posisi kepala di bawah (seperti kalong/kelelawar). Pada saat menggantung dilarang banyak bergerak. Secara fisik bagi yang melakoni tapa ini melatih keteraturan nafas. Biasanya puasa ini dibarengi dengan puasa Ngrowot.

Puasa Ngeluwang
Tapa Ngeluwang adalah tapa paling menakutkan bagi orang-orang awam dan membutuhkan keberanian yang sangat besar. Tapa Ngeluwang disebut-sebut sebagai cara untuk mendapatkan daya penglihatan gaib dan menghilangkan sesuatu. Tapa Ngeluwang adalah tapa dengan dikubur di suatu pekuburan atau tempat yang sangat sepi.


Hukum Puasa Mutih dalam Islam dan menurut Islam

Di dalam Islam tidak dikenal istilah puasa ‘mutih’ yaitu puasa dengan tidak makan lauk pauk atau makanan lainnya yang bergaram. Di dalam Islam tidak ada syariat yang demikian, karena memang Al-Quran maupun hadits Nabi SAW sama sekali tidak menyinggungnya.

Islam hanya mengenal satu cara puasa yaitu tidak makan atau minum apapun sejak shubuh hingga terbenam matahari. Dan waktunya adalah di bulan Ramadhan untuk puasa wajib, atau di hari-hari lain yang telah ditentukan, seperti tanggal 9 Zulhijah (hari Arafah), tiap hari Senin dan Kamis, tiap tanggal 13,14 dan 15 tiap bulan (ayyamul Biidh), berselang-seling sehari puasa dan sehari tidak (puasa Daud), tanggal 10 Muharram (hari Asyura) dan puasa-puasa sunnah lainnya.

Sedangkan praktek puasa ‘mutih’ itu sama sekali berbeda dengan cara puasa syariat Islam. Bukankah dalam puasa ‘mutih’ itu seseorang masih boleh makan nasi, minum air putih dan lainnya? Sedangkan dalam ketentuan syariat puasa, makan dan minum apapun sudah pasti membatalkan puasa.

Jadi sebenarnya istilah yang tepat untuk Puasa mutih ini sebagai bentuk adat yang dikenal di lingkungan penganut kejawen dan praktisi supranatural dengan tujuan/kepentingan tertentu seperti mendapatkan Ilmu Gaib, keberhasilan hajat dan lain-lain.

sumber:manfaat

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Software Anti Malware Computer / Antivirus Computer

Satu Kalimat Sederhana Namun Kedahsyatannya Sanggup Menjebol Tembok Ya'juj wa Ma'juj

Fenomena Khusus Alam Gaib

Kebutuhan Data Melonjak, Mentari Tawarkan Kuota 6GB/Bulan

Medan Magnet dapat Mengirim Partikel ke Tak Hingga

Kemampuan Tidak umum yg dimiliki oleh anak Indigo

Misteri Sebelas Peti Pusaka

Ini Sebab Suhu Planet Venus Panas Seperti 'Neraka'

Siapa Bilang Mobo Rusak Nggak Bisa Diservis? | Cara Servis Memperbaiki Motherboard

skema Tarif AXIS paket NELPON HEMAT KE SEMUA, paket DAHSYAT HEMATNYA 24 JAM & paket JAGOAN NELPON LAMA.

Dunia Hologram ,penyembuhan penyakit yang di anggap seperti “mukjizat”

Gelombang Otak Selaras Memegang Ingatan Tentang Benda yang Baru Dilihat

Mitos dan Legenda Mustika Merah Delima

20 Cara Agar Tak Gampang Lupa | Kepalkan Tangan Ketika Lupa!

Membaca Pikiran dari Rekaman Otak? Ilmuan Memecahkan Kode Sidik Jari Neural Asosiasi Ingatan Manusia

Luar Biasa...Ternyata Air Laut Mengandung Emas

Pengamatan Sepasang Bintang Langka Hasilkan Jarak yang Lebih Akurat ke Galaksi Terdekat

Baju Dalam Antiperkosaan Diciptakan di India | Tanya Lelaki: Maukah Berpacaran dengan Seorang Ibu?

Mungkinkah Manusia Dapat Melakukan Perjalanan Melintasi Waktu

Kapasnya Masih Baru…

Bertemu Almarhumah Ibu di Alam Gaib

Cara Cepat Menemukan Tripel Pythagoras (dengan satu variabel)

Soto Pesugihan Ludah(mungkin secara tak sadar kita Tlah mencicipi soto yg mrnjijikkan spt ini )

SYEKH SITI JENAR

Bagian 126A Update: Trik Trik Internet Gratis , Game Pilihan Apps,Triks, Theme Keren ,Artikel Pilihan

Menyibak Misteri Mummi Fir'aun

Pengalaman Menggembara ke Alam Pesugihan

Pesawat NASA Temukan Danau di Mars

bu-Rhodiah di gauli jin fasik..

4 orang yang mengaku pernah menaiki mesin waktu

Al Qur’an mengakui keberadaan Ufo

ibu yang menikahkan anaknya dengan bidadari  surga

penjelasan teknis tentang gelombang otak

 Kanjeng Ratu Kidul

MISTERI: KOMUNIKASI DENGAN ARWAH/JIN?? | Debat Kata "Allah" Mencuat Lagi

Tulang Ekor atau Tulang Sulbi, Saksi Kehidupan Manusia

mimpi sukarno pindahkan ibukota Indonesia ke Palangkaraya

Kode Rahasia HP Nokia ,hp Cina ,Sony Ericcson lebih Lengkap & Lebih Detail (boleh dipasang di navigasimu)




blog hit counter
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

37 tanggapan untuk "Berbagai macam manfaat dan khasiat puasa mutih"

Sinyo pada 10:25 AM, 01-Aug-13

puasa mutih ada juga yang hanya makan buah

ムщモメ pada 10:43 AM, 01-Aug-13

puasa ramadhan ja

ikoz pada 10:56 AM, 01-Aug-13

cuman blh mkan nasi doang

CakiL Gembel RI pada 11:29 AM, 01-Aug-13

kunjungan pagi sob , ditunggu kunbalnya .

Eko symbian pada 12:01 PM, 01-Aug-13

puasa putih itu apa bang

Riris Gunardi pada 12:25 PM, 01-Aug-13

baru tau ane..thanks bro.

susantos 99 pada 12:58 PM, 01-Aug-13

kunjungan pagi
Ijin nyimak sob

The Game Gazette pada 03:05 PM, 01-Aug-13

Mampir ah, izin share fb ya!

riniwp pada 05:13 PM, 01-Aug-13

Sya sering jugs puasa mutih untuk anak saya,,ini tradisi menurun dr nenek saya yg jawa tulen

ADRI pada 05:43 PM, 01-Aug-13

hadir kwan,,sip dch buat postnya,,
kunball ya,di tunggu loe

Hady Taufiq pada 06:42 PM, 01-Aug-13

ternyata banyak juga ya nama-nama puasa.. baru tau sob.. makasih infonya yaa.. smile

Hady Taufiq pada 06:45 PM, 01-Aug-13

Ternyata banyak juga ya nama-nama puasa.. baru tau sob.. makasih infonya yaa.. smile

BERBAGI DENGAN IKHLAS pada 10:09 PM, 01-Aug-13

emang banyak kegunaannya dr puasa mutih itu apa lg bg kalangan santri

BERBAGI DENGAN IKHLAS pada 10:10 PM, 01-Aug-13

emang banyak kegunaannya dr puasa mutih itu apa lg bg kalangan santri

Myblog irul pada 10:21 PM, 01-Aug-13

wih lucu y sob. . Gak boleh makan tapi, tpi bleh makan dan minum yg putih. . Wah kalo geto makanan ny cat putih ja! Hehe

uyen pada 11:02 PM, 01-Aug-13

mek ngono tok mas ?

aguzFian pada 11:25 PM, 01-Aug-13

sangat brmamfaat master . .
di tTNGGU kunbAL ye.

manamin pada 01:24 AM, 02-Aug-13

Puasa Kalam Sob Belum di Sebutkan....???

°˚˚ºo(•̃͡-̮•̃͡) hέhέhέ (•̃͡-̮•̃͡)oº˚˚°

Mantap & gokil Postingnya Sob....


http://manamin.mywapblog.com/cara-memakai-jilbab-modern-masa-kini.xhtml

Sams pada 02:43 AM, 02-Aug-13

thanks Sob, udah berbagi.! Di tunggu postingan selanjutnya.

Tumenggung 666 pada 03:14 AM, 02-Aug-13

wih..lengkap tenan kang,dr puasa yg putih2 ampe yg item2..

minato pada 04:08 AM, 02-Aug-13

selamat malam sobat hanya lewat saja tanpa basa basi langsung ijin naruh link soalnya saya jarang blog walking :

alur cerita naruto - http://cer-nar.mwb.im

tidak berkunjung juga tidak apa - apa terimakasih

ᔝendum cahjengkolᔝ pada 04:13 AM, 02-Aug-13

hadir om,,,
Lma nih gk coment

Andrie Sanchez Nugraha pada 06:36 AM, 02-Aug-13

wah, saya belum pernah tuh.
info yang bermanfaat.

mampir ya.

The Birthday Of Doraemon.3gp :
>http://aesen.mwb.im/download-3gp-video-the-birthday-of-dorae.xhtml

kangerbete pada 06:48 AM, 02-Aug-13

Dulu aku pernah puasa mutih 7 hr sob. Waktu itu aku cm niat lamaran krjku biar ketrima. Dan ternyata manjur jg tuh. Seminggu kemudian alhamdulillah ada panggilan. Dan aku krj smp skrang. ,hehe.

kangerbete pada 06:49 AM, 02-Aug-13

Dulu aku pernah puasa mutih 7 hr sob. Waktu itu aku cm niat lamaran krjku biar ketrima. Dan ternyata manjur jg tuh. Seminggu kemudian alhamdulillah ada panggilan. Dan aku krj smp skrang. ,hehe.

4mrana pada 09:08 AM, 02-Aug-13

wah, don’t try this at home... kalau ga kuat ”imron” karena sy yakin imannya tetap tebal... razz

saya pernah 7 hari, efeknya janda sebelah podo ”ngintili” kulo... hehe smile

4mrana pada 09:16 AM, 02-Aug-13

wah, don’t try this at home... kalau gak kuat ”imron” (iman sih kuat)...

pernah saya mutih 7 hari, efeknya janda2 podo ”ngintili” kulo...
hehe :p

Ahmad Zaehahn pada 11:05 AM, 02-Aug-13

Kunjungan sahur sob ,
Postnya mantap ...
Lanjutkan ...

Jangan lupa kunjungan baliknya yaa ...

Andie Zyodiablo pada 11:17 AM, 02-Aug-13

Bnyk jg y puasa jnisnya min smile http://zyodiablo.heck.in/biji-pepeya.xhtml

SimonS Blog pada 11:28 AM, 02-Aug-13

Kalo puasa mutih dalam islam menurut pendapat para ulama', ada yang memperbolehkan dan ada yang memakruhkan.

ahmad zen pada 03:05 PM, 04-Aug-13

kunjungan pagi gan.....ternyata banyak juga ya nama-
nama puasa.. baru tau sob..
makasih infonya yaa......

ahmad zen pada 11:55 PM, 05-Aug-13

kunjungan sore gan.sambil nunggu buka puasa.....syetan''mulai menggoda...

ismael pada 12:44 PM, 07-Oct-13

Puasa mutih itu apa kyk puasa Ramadhan tp cm blh mkn nasi putih ma air putih aja gt?

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 09:05 PM, 07-Oct-13

@ismael,makan 3x sehari ttphanya nasi putih dan air ,tanpa ada rasa garam mazz

bois pada 11:54 PM, 20-May-14

kalau dah buka puasa muTiH. . . Makan Yg seperti biasanya b0leh gak. . !

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 03:58 AM, 21-May-14

@bois,
biasanya ada sejenis selamatan buat di makan sekeluarga mazz,tergantung Gurunya.ada guru yg memerintahkan ,di achir puasa,makan pertamannya ialah nasi ketan putih yg di bikin spt tumpeng lauknya cuma telor dadar tanpa minyak plus kacang sanggrai semua tanpa bumbu.ada jg yg di hari terakhir berbuka puasa,berbukanya nasi putih pakai hati ayam yg tanpa bumbu.dan lain lain cara tergantung gurunya.

oken pada 12:31 AM, 06-Jul-14

manjur gan gua mutih 7 hari khasiatnya bener banget , cewe-cewe pada ngeket

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar